Cara Menjadi Pemain Sepak Bola Tanpa Ikut SSB yang Bisa Dicoba

Melihat kegigihan timnas maupun klub sepak bola Indonesia dalam mengharumkan nama bangsa, membuat banyak anak muda yang bercita-cita untuk menjadi pemain sepak bola. Mulai dari mengikuti SSB (Sekolah Sepak Bola) atau mencari cara menjadi pemain sepak bola tanpa ikut SSB.

Apakah bisa menjadi pemain sepak bola handal tanpa mengikuti SBB? tidak ada yang tidak mungkin! Seperti pepatah, “Banyak jalan menuju Roma”, menjadi pesepak bola handal tidak selalu harus mengikuti sekolah khususnya. Selain banyak hal yang perlu disiapkan, niat dan tekad yang kuat juga menjadi dasar keberhasilan cara ini. Berikut cara menjadi pemain sepak bola tanpa ikut SSB yang bisa ditiru:

1. Kuasai Teknik Dasar Permainan Sepak Bola yang Benar

Selain memperbanyak olahraga agar mendapatkan fisik yang kuat, sangat diperlukan menguasai teknik dasar sebagai tahap awal demi menjadi pemain handal. Jika teknik dasar seperti dribling, throwing, heading dan teknik lainnya belum dikuasai, tentu sulit untuk melangkah ke tahap berikutnya.

READ  Bek Termahal di Dunia yang Bernilai Fantastis

Kemajuan teknologi akan mempermudah tahap ini. Teori teknik dasar bermain sepak bola sudah banyak dibahas di internet seperti google dan youtube. Mulai dari nama sampai gerakannya, semuanya dibahas secara rinci agar mudah untuk ditiru dan dipelajari.

2. Memahami Peraturan Sepak Bola

Setiap olahraga maupun permainan pasti memiliki aturan, begitu juga sepak bola. Ada baiknya memahami seluk-beluk permainan sepak bola agar tahu mana yang harus dihindari.

Poin ini menjadi salah satu yang tidak boleh dilewatkan jika ingin menjadi pemain professional. Meskipun mumpuni dalam teknik dan strategi bermain, jika terus menerus melanggar peraturan tentu tidak akan bagus untuk karir kedepannya dan menghambat proses pertandingan.

READ  5 Naturalisasi Pemain Sepak Bola Indonesia yang Sukses

3. Rajin Berlatih 

Untuk menjadi pemain sepak bola yang handal, memiliki kemauan diawal saja tidak cukup. Perlu berlatih hari ke hari, bulan ke bulan bahkan sampai bertahun-tahun. Teknik yang dipelajari perlu dilatih berulang agar tubuh terbiasa melakukannya dan tidak kaku. 

Selain melatih teknik, melatih fisik juga tidak kalah penting. Bermain sepak bola diperlukan kebugaran agar tidak mundur di tengah permainan. Dengan memiliki waktu latihan yang cukup, kemampuan akan semakin terasah.

Sebelum memulai latihan yang ekstra, tentukan posisi yang paling diminati, misalnya penjaga gawang. Dengan begitu, latihan bisa difokuskan pada hal tersebut. 

4. Cari Teknik dan Strategi Menghadapi Lawan

Bisa membaca pergerakan lawan menjadi nilai tambah bagi pemain sepak bola. Dengan begitu, ia dapat merencanakan apa yang akan dilakukan selanjutnya. Apakah cara ini didapat begitu saja? Tentu harus dilatih. Semakin sering bermain dengan orang lain, semakin terasah kemampuan dan intuisi untuk mendapatkan strategi menghadapi lawan. 

READ  5 Pemain Muda Berbakat Dunia 2021

5. Aktif Mengikuti Kompetisi di Lapangan Hijau

Perbanyak mengikuti kompetisi walaupun diadakan oleh organisasi kecil. Dengan begitu, permainan akan lebih terasah dan bisa mempelajari teknik sekaligus strategi lawan. 

Semakin sering mengikuti kompetisi, tentu jam terbang di lapangan hijau menjadi semakin banyak dan tubuh mulai terbiasa menghadapi banyak tantangan. Dengan cara ini juga, pemain sepak bola lebih mudah dikenal banyak orang untuk memperkuat eksistensinya di dunia sepak bola.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan. Cara menjadi pemain sepak bola tanpa ikut SSB diatas memang harus dijalankan secara rutin dan tidak bisa instan. Dengan mengikuti sekolah sepak bola saja diperlukan waktu bertahun-tahun, apalagi belajar mandiri tanpa bantuan pelatih. Perlu kesabaran yang tinggi agar cara yang dilakukan membuahkan hasil yang manis.

You May Also Like

About the Author: Eri Kirisaki