5 Naturalisasi Pemain Sepak Bola Indonesia yang Sukses

Walaupun pemain Indonesia banyak yang berkualitas, pemain dengan status naturalisasi tetap dibutuhkan untuk memperkokoh sebuah klub sepak bola. Naturalisasi pemain sepak bola awal mulanya diusulkan PSSI demi memperkuat Tim Nasional agar lebih mudah meraih prestasi. Kini, beragam alasan digunakan agar bisa menggaet pemain asing ke dalam klub-klub sepak bola Indonesia.

Naturalisasi sendiri adalah perubahan status kewarganegeraan asing agar menjadi warga suatu negara atau dalam hal ini, warga negara Indonesia. PSSI sendiri mengutamakan pemain yang memiliki darah Indonesia walaupun akhirnya kualitaslah yang menjadi penentu. Untuk memperluas wawasan di dunia sepak bola, berikut beberapa naturalisasi pemain sepak bola di Indonesia yang sukses:

1. Stefano Lilipaly

Pesepak bola yang kini membela Bali United ini terkenal dengan nilai pasar yang tinggi. Diperkirakan Stefano Lilipaly mendapat uang saku sebesar 5.6 Milyar Rupiah per musimnya.

READ  Bek Termahal di Dunia yang Bernilai Fantastis

Nilai tersebut sebanding dengan kualitasnya yang menggiring Bali United pada kemenangan Liga 1 Indonesia tahun 2019 lalu. Lahir di Amsterdam, Belanda 10 Januari 1990, Lilipaly mendapatkan status Warga Negara Indonesianya pada tahun 2011.

2. Christian Gonzales

Gelar pemain naturalisasi pertama yang diusulkan PSSI digaet oleh Christian Gonzales. Resmi berstatus WNI sejak tanggal 3 November 2010, Gonzales sebelumnya merupakan warga Negara Uruguay.

Bersama Timnas Indonesia, Gonzales ikut menyabet Piala AFF pada tahun 2010. Ia merupakan pencetak gol terbanyak sebelumnya. Sebut saja musim tahun 2005 sampai 2010, tidak ada yang mengalahkan kepiawaiannya dalam mencetak gol.

Bersama tim merah putih, Christian Gonzales menampilkan 29 penampilan sekaligus mencetak 9 gol. Sebenarnya ia telah merumput di Indonesia dari tahun 2003, sehingga proses naturalisasi Gonzales terbilang cukup terlambat.

3. Ilija Spasojevic

Akrab dengan sapaan Spaso, pesepak bola naturalisasi ini lahir di Montenegro dan mendapatkan status Kewarganegeraan Indonesia di tahun 2017. Sebelumnya ia pernah ikut merumput bersama Bali United untuk Liga Primer Indonesia 2011.

READ  5 Pengertian Formasi Sepak Bola

Spaso digaungkan sebagai pemain naturalisasi dengan kisaran pendapatan yang cukup tinggi yakni sebesar 300 ribu euro atau setara dengan 4,8 milyar rupiah. Spaso pernah membela Bhayangkara FC dan mendapatkan juara di Liga 1 2017.

4. Diego Michiels

Pesepak bola kelahiran 8 Agustus 1990 ini bersama Timnas U-23 membela Nusantara pada SEA Games 2011. Walaupun bertanah air dan lahir di Belanda, darah Indonesia didapatkannya dari sang ayah yang berasal dari Jakarta.

Diego Michiels menjalani proses naturalisasi di tahun yang sama dengan kiprahnya di Timnas U-23, yaitu tahun 2011. Sempat dibui karena masalah kekerasan yang menyebabkan karirnya tersendat, nama Diego Michiels tidak pernah layu di dunia persepak bolaan Indonesia.

Dikabarkan meninggalkan Borneo FC yang ikut mengharumkan namanya, kabarnya Dieogo Michaels mulai melirik klub RANS Cilegon FC. Walaupun berita ini belum jelas kebenarannya, spekulasi publik didasarkan pada komentarnya di postingan manager RANS Cilegon FC.

READ  Pencetak Gol Terbanyak Timnas Indonesia Sepanjang Sejarah

5. Sergio Van Dijk

Proses naturalisasi Sergio tidak lepas dari dukungan ibunya yang berdarah Indonesia, tepatnya tanah Ambon. Setelah proses yang cukup panjang, akhirnya Sergio yang lahir di Belanda itu memperoleh status Kewarganegaraan Indonesia pada tahun 2013.

Dirinya pernah berkiprah bersama klub kesayangan Bobotoh, sebelumnya Sergio Van Dijk sempat merumput bersama klub India dan Thailand. Sebagai klub sepak bola pertamanya semenjak naturalisasi, Persib Bandung menjadi tempat kembalinya dari musim 2016.

Itulah naturalisasi pemain sepak bola di Indonesia yang ikut membawa kemenangan bagi klub yang dibelanya. Walaupun banyak yang menduga PSSI kurang mampu menghasilkan pemain berkualitas tinggi karena adanya naturalisasi ini, setidaknya para pemain naturalisasi ikut mengharumkan nama bangsa di kancah international.

You May Also Like

About the Author: Eri Kirisaki