5 Fakta Pele Pemain Sepak Bola Legendaris

Legenda dari Brasil, Pele pemain sepak bola dengan nama lengkap Edson Arantes Do Nascimento tentu tidak asing di telinga para penggemar olahraga ini. Bakatnya yang mendunia, membuat banyak orang penasaran siapa sosok laki-laki yang kini berusia 81 tahun. 

Dikabarkan sedang dalam kondisi tidak baik, pesepak bola kelas dunia ini telah banyak mencetak sejarah penting selama karirnya. Berikut fakta-fakta Pele pemain sepak bola yang menjadi kebanggaan Brasil:

1. Perjalanan Karir Pele

Lahir di Brasil, 23 Oktober 1940 silam, Pele mengawali karirnya sebagai pesepak bola dari usia remaja. Sempat berpindah-pindah klub, pada akhirnya di tahun 1956 ia mengabdikan diri pada klub profesional asal Kota Sao Paolo, Santos FC. 

Bakatnya yang sudah terlihat sejak muda, memikat hati pelatih Santos FC kala itu. Tidak mau menyembunyikan bakatnya, di debut pertama bersama Santos FC Pele ikut mencetak gol yang membawa kemenangan 7-1 pada timnya. 

Berkat kepiawaiannya menggiring bola, Pele bergabung bersama timnas Brasil pada tahun 1958 dan 1962 untuk mengharumkan nama negaranya di Piala Dunia tahun tersebut. Benar saja, kehadiran Pele menghipnotis publik hingga namanya semakin terkenal. 

2. Mencetak 1000 Gol Lebih Sepanjang Karirnya

19 November 1969 menjadi momen bersejarah bagi Pele, klubnya, warga Brasil bahkan penggemar sepak bola dunia. Pasalnya pada saat itu menjadi moment gol ke 1000 yang berhasil dicetak oleh sang legendaris.

Apakah gol cetakan Pele hanya berhenti di angka 1000? Tentu tidak. Gol ke 1000 tersebut ia torehkan ketika usianya 29 tahun dan pada saat itu, perjalanan karirnya masih panjang. Semasa hidupnya, Pele telah mencetak sebanyak 1.282 gol pada pertandingan resmi dan tak resmi. 

3. Menjadi Duta Internasional Sepak Bola

Menyabet gelar satu-satunya pemain yang menjuarai 3 piala dunia, siapa sangka Pele berasal dari keluarga miskin yang bahkan saat itu tidak memiliki bola. Demi impiannya, Pele mengakali kaus kaki yang diisi kain lalu digulung dan ia jadikan sebagai bola untuk membantunya berlatih. 

Perjuangan beratnya memberikan hasil yang manis. Ia mengharumkan nama klubnya di kancah nasional bahkan internasional. Pele kemudian pensiun di tahun 1974 dan semenjak itu, ia didapuk menjadi duta internasional sepak bola. Melalui pertandingan persahabatan, ia bekerja sama dengan PBB untuk mendukung perdamaian dunia. 

4. Dibuatkan Museum Pele

Sang Perola Negra semakin digaungkan namanya karena torehan prestasi yang tidak pernah habis. Oleh karena itu, untuk mengabadikan sejarah, Gubernur Negara Bagian Sao Paolo mempersembahkan sebuah museum untuknya. 

Museum itu dibangun diatas tanah seluas 4.134 meter persegi dan diperkirakan menelan biaya sebesar 20 juta dollar AS. Banyak benda yang dipamerkan di museum Pele diantaranya, trofi, foto-foto bersejarah Pele dan timnya, properti yang ia dan timnya pakai selama bertanding bahkan kaus yang pernah dipakainya di piala dunia.

5. Memiliki Beberapa Riwayat Penyakit

Pesepak bola legendaris ini pernah dirawat di Paris, Prancis karena masalah infeksi saluran kencing yang dimilikinya. Kemudian pada tahun 2019, di negara asalnya Pele menjalani operasi batu ginjal tepatnya di rumah sakit Albert Einstein, Sao Paolo, Brasil.

Tidak berhenti sampai situ, belakangan kesehatan Pele diketahui semakin memburuk. Ia juga mengalami depresi karena penyakit yang bersarang pada pinggulnya tidak juga berhasil disembuhkan. Sang legenda yang biasanya bugar dan mampu menjalankan aktivitas, kini hanya berdiam di rumah menggunakan kursi roda. 

Nah, itulah beberapa fakta tentang Pele pemain sepak bola yang legendaris. Semoga, ia bisa melewati masa-masa sulitnya dan kembali beraktivitas seperti biasa, ya!

About the Author: Eri Kirisaki