5 Pengertian Formasi Sepak Bola

Menjadi olahraga yang dimainkan setiap negara, tentu memerlukan aturan permainan yang diakui dan diketahui. Salah satu aturan yang masuk ke dalamnya yaitu susunan pemain. Hal tersebut menjadi dasar karena dibentuk sebelum pertandingan. Pemahaman akan pengertian formasi sepak bola, harus sudah dimengerti oleh para pemain dan termasuk ke dalam taktik yang harus ada.

Formasi jika diartikan bisa juga menjadi suatu susunan atau letak pemain di lapangan. Tata letak menjadi strategi yang sangat krusial, karena posisi akan menggambarkan pergerakan atau perlawanan yang akan diambil nantinya. Susunan yang dibuat akan menghasilkan sebuah kerja sama antar pemain. Inilah beberapa penjelasan terkait formasi dalam permainan sepak bola:

1. Formasi 4-4-2

Agar terjalinnya kerja sama tim yang solid dalam sebuah permainan, maka diperlukan taktik yang dapat memanipulasi lawan. Kreativitas dan inovasi harus dilakukan pemain dalam formasi yang dibentuk. Oleh karena itu tuntutan agar dapat mengetahui perannya dengan baik dalam suatu formasi sangat dibutuhkan.

READ  5 Pemain Muda Berbakat Dunia 2021

Pola dengan format 4-4-2, mengatur 2 bek tengah, seorang bek kanan dan kiri, 2 gelandang sayap dan 2 striker. Bentuk dari susunan tersebut sudah sangat umum digunakan baik di Indonesia maupun dunia. Strategi ini digunakan timnas di tahun 2010 an, saat Piala AFF dibawah asuhan Afred Riedl.

2. Formasi 4-3-1-2

Titik fokus permainan sepak bola yang paling utama pada susunan tim 4-3-1-2 ini, yaitu berada pada pertahanan. Permainan yang menitik beratkan pada empat pemain inti dengan sisa pemain lainnya siaga terhadap posisinya masing-masing. Susunan yang digambarkan yaitu 4 pemain bek, 3 orang gelandang bertahan, seorang penyerang bayang, dan 2 orang lainnya adalah penyerang.

Keunggulan yang menjadi poin tersendiri dalam susunan ini yaitu banyaknya pemain bek. Hal ini akan membuat pemain pada tim tersebut dengan mudah memasukkan bola, karena jarak yang dekat menuju gawang. Pelatih yang paham akan pengertian formasi sepak bola dengan baik, pasti tak jarang akan menerapkannya di lapangan.

READ  Cara Menjadi Pemain Sepak Bola Tanpa Ikut SSB yang Bisa Dicoba

3. Formasi 3-5-2

Permainan Total Football atau juga yang sering disebut dengan pola penyerangan mempunyai susunan pemain yang unik yaitu 3-5-2. Permainan yang menggunakan susunan ini menggunakan 1 orang libero atau pemain bertahan. Posisi pemain tepat berada di depan kiper dan di belakang pertahanan tim, untuk menggagalkan setiap terobosan yang dilakukan lawan.

Selain libero keunggulan formasi ini, terdapat 2 orang bek tengah lalu 3 orang gelandang 2 orang sayap hingga 2 striker. Kemenangan hampir pasti akan berpihak pada strategi seperti ini, akan tetapi kekompakan dan kerja keras pada akhirnya yang akan menentukan.

4. Formasi 4-3-3

Jika pemain suatu tim sangat unggul pada posisi bek dan penyerang sayap, maka tak ada salahnya mencoba formasi 4-3-3 ini. Terhubungnya koordinasi antara penyerang dan pertahanan tentu menguntungkan dalam permainan, dimana setiap pemain dalam susunan ini dapat terarahkan dengan baik.

READ  Bek Termahal di Dunia yang Bernilai Fantastis

5. Formasi 3-4-3

Pola penyerang 3-4-3 menjadi strategi yang paling banyak dipakai dalam susunan permainan sepak bola. Posisi tiap pemain secara berurutan terdapat 3 center, 4 gelandang, yaitu 2 gelandang sisi sayap dan terakhir ada 3 penyerang. Unggul dengan teknik pressing yang ketat dan atacking, sehingga membuat banyak tim yang meraih kesuksesan berkatnya.

Formasi ini termasuk yang sulit untuk dikalahkan lawan jika kerjasama yang terkoordinir dapat berjalan dengan baik. Sebaliknya, kelemahan terbesar  berasal dari dalam tim, dimana kekompakan dan tanggung jawab harus dapat dilakukan dengan baik. Pemain yang berada dalam strategi ini harus dapat bermain secara kreatif dan dinamis.

Formasi sepak bola, tata letak ataupun posisi pemain, tentu memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Maka oleh sebab itu sebelum berlangsungnya  permainan,  penyusunan strategi harus disiapkan sematang mungkin, agar berhasil dalam suatu pertandingan.

You May Also Like

About the Author: Eri Kirisaki